Tabel MySQL crash

July 2, 2008

Beberapa waktu belakangan ini saya memonitor database dikantor dan beberapa hari yg lalu, kl tdk salah tgl 30 Juni 08 terjadi hal yg tidak diinginkan. Ada tiga tabel dari dua database crash, akibatnya tabel tidak bs diakses dan request data tdk dapat dilakukan. MySQL yg digunakan versi 5+ under Win.

Pesan yg tampil yaitu:

MySQL error code 145:
Table was marked as crashed and should be repaired

Cari² referensi dan dapat cara u/ repair tabel yg crash. Kalau ingin mencoba sesuatu ada baiknya backup dl databasenya, jd database yg tabelnya crach saya copy, saya sih ngopy folder databasenya aja. Setelah itu baru diobok² tuh database, tabel bs direpair dengan perintah:

REPAIR nama_tabel

Dengan perintah ini tabel yg crash td memang bs diperbaiki, tapi tabel jadi empty kembali. Loh kemana datanya ya?

Saya blm ada mencoba lg memperbaiki tabel yg rusak ini, karena kemaren itu urgent banget, jd saya dump saja data dari backup di hari² sebelumnya. Sempat jg dapat referensi diantaranya dari link berikut:

http://news.softpedia.com/news/How-to-repair-tables-in-MySQL-67128.shtml

Saya memang blm sempat mencobanya, mungkin pembaca pernah mengalami hal yg sama dan pernah solve tanpa kehilangan data? Kalo ada bagi tipsnya ya, setres kan seandainya tabel yg datanya penting dan belum dibackup tiba² crash, hehe.

Saya blm tau kenapa tabel² tsb bs crash, kl dilihat dr space harddisk masih mencukupi. Mungkin saja ada masalah lain dengan harddisk, atau kinerja komputer yg menurun.

One Response to “Tabel MySQL crash”

  1. daudtarigan Says:

    thanks buat infonya mas.. saya juga pernah ngalamin masalah yang sama, dan sudah saya tulis di blog pribadi saya di http://aplikasiphp.com/index.php/artikel/part/15/Repair_Crash_Tables_in_MySQL


Leave a comment